MENJADI PRAMUKA

Tuesday, July 31, 2012

Indonesian Scouts Journey - Menjadi pramuka adalah pilihan diatara sekian banyak pilihan bagi anak-anak dan remja untuk mengisi hidupnya dengan kegiatan yang positif. Namun dari sekian banyak pilihan itu pula, kita bisa melihat bahwa menjadi pramuka dalah salah satu keputusan yang paling baik.
Kenapa ? Karena menjadi pramuka selain kita mendidik jiwa dan raga untuk taat kepada Tuhan YME, abdi pada negara dan membangun masyarakat, juga karena pramuka bisa digunakan dalam berbagai bentuk kegiatan. Mulai dari pertemuan-pertemuan untuk melatih ketrampilan berorganisasi, juga sampai kegiatan olah raga. Di jaman sekarang kegiatan pramuka sudah berkembang pesat dan masuk dalam berbagai bidang. Termasuk salah satu bidang itu adalah komunikasi dan teknologi modern, bantuan bencana, perdamaian dan penanganan kesehatan masyarakat.

Dahulu ketika Baden Powell, bapak pandu dunia mendirikan organisasi pramuka, kegiatan pramuka kebanyak ditujukan untuk permainan di alam bebas dengan melatih semangat petriotisme, ketrampilah bertahan hidup, menelusuri jejak dan sejenisnya. Semua kegiatan pada waktu itu sesuai dengan keadaan yang ada, sehingga kadang jika diterapkan pada masa sekarang pramuka jadi terasa menjenuhkan.

Kegiatan tempo dulu jangan dihilangkan, namun juga jangan selalu begitu agar pramuka ini bisa terus berkembang mengikuti keadaan lingkungan dalam memenuhi tugas dan kewajibannya.

Menjadi Pramuka, adalah kebanggaan, dan seharusnya seluruh generasi muda di dunia ini bisa mengikuti kegiatan pramuka. Pramuka jangan dipandang sebagai kegiatan yang melelahkan dan sudah tidak sesuai jaman, karena ibarat senjata, pramuka adalah senjata yang mengikuti siapa pemegangnya. Jika para pemegang adalah orang-orang yang kreatif maka ia akan tumbuh mnejadi organisasi yang luar biasa, tapi jika yang memegang adalah orang-orang yang pemalas maka cepat atau lambat ia akan mati.

Pramuka menjadi kebanggaan, karena disinilah generasi muda bisa mengembakna dirinya menjadi apapun tanpa batas. Pramuka adalah patriot muda pembela bangsa. Seorang pramuka bisa berasal dari arah dan tampat manapun juga. Bisa dari pemuda yang suka bola, beladiri, memasak atau bahkan penulis cerpen. Apapun latar belakangnya, kalau dia menjadi pramuka maka ibarat pesawat ia adalah pesawat tempur, selain bisa terbang dia juga bisa berperang dan menyelamatkan banyak nyawa.
 

0 komentar:

Post a Comment